cerita lepas

Mr. Thick Glasses

5/23/2011

"Dek, mau ikutan ga ke Super Indo?"
"Emang mau kemana, Ma?" Jawabku.
"Itu, beliin keperluan mas nya ke Semarang."
hak cipta Fahrani Nisrina
Ya, hari ini kakakku yang tertua pulang ke Semarang setelah tiga hari di Bekasi niat menghadiri kakak pacarnya yang menikah. Karna sekalian ingin membeli barang-barang kebutuhan, aku iya-kan saja ajakan Mama. Dengan kaus hitam ber gambarkan emoticon (-_-) yang kudapat dari teman dan celana jeans panjang, aku bergegas untuk pergi ke Super Indo yang letaknya kira-kira setengah kilometer lebih dari rumah. Aku bersama ibuku naik mobil ke sana karna belum tahu seberapa banyak belanjaan yang akan di beli.

Setelah sebelumnya mengunjungi bank DKI di dekat Universitas Gunadarma-karna ibuku, yang bekerja sebagai pegawai negeri ada urusan, akhirnya sampai juga di Super Indo. Awalnya aku hanya berniat membeli susu kedelai, listerine dan pengharum ruangan. Tapi selagi aku membantu ibuku memilih-milih barang yang akan di beli, aku melihat sesosok cowok tinggi, berambut ikal dan berkacamata tebal-mungkin sekitar minus 4 berdiri tak jauh dari pintu masuk. Dia tak sengaja menoleh padaku dan saat itu aku pun melihatnya. Unik batinku. Bukan sesosok pria yang biasa menarik perhatianku, tapi ada sesuatu dengannya. Ya, selalu ada sesuatu. Dan pasti selalu ada cerita. Wajah cowok itu datar, bukan datar karna melamun, tapi seperti ada sesuatu di balik kedatarannya itu. Aku kembali terfokus untuk membantu ibuku. Susu, cemilan, air minum, tisu, apalagi ya?. Sesambil aku mendengarkan Mama berbicara, aku menoleh lagi-mencari sosok yang tadi sempat aku perhatikan. Tidak ada. Yang ada hanyalah seorang adik kecil yang merengek-hampir menangis minta di belikan es krim pada ibunya. Ya sudahlah, pikirku toh cuma kebetulan aku melihatnya. Yang sudah-sudah sih, biasanya tidak muncul lagi. Lalu aku bergegas pergi ke meja kasir karna semua keperluan sudah di ambil. Satu-persatu dan sambil di kelompokkan, aku menaruh belanjaan di meja kasir. Saat ingin keluar dari Super Indo. Puji tuhan, aku melihatnya lagi. Aku memperhatikannya dengan teliti. Dia menggunakan t-shirt putih berkerah hijau. Bahkan saat aku beranjak ke mobil aku melihatnya lagi, dia keluar membawa belanjaan bersama seorang ibu-yang ku pikir adalah ibunya. Lalu mobil yang di kendarai Mama pun melaju. Terbesit harapan, walaupun itu tak terlalu mengharap. Aku ingin mengenalnya, aku merasa ada sesuatu yang sangat unik di dalam dirinya. Sesuatu yang tidak hanya sebatas pandangan dalam kacamata yang cukup tebal itu. Pasti ada.

Buat cowok ikal berkacamata tebal, yang tanggal 22 Mei ke Super Indo #whoeveryouare siapa siiihhhhh???

Poetry

Jawablah, atau jangan pernah beri jawaban

5/22/2011

Langkahnya tertatih
Menyusuri lantai menuju ruang
Harum obat menyeruak
Menatapku lelah
Bekata dengan matanya
Sampai kapankah ini?

Ringisan yang tertahan,
Tertutup namun terbaca
Sampai kapankah ini?

Ribuan tanya
Jutaan harapan
Waktu, jawablah
atau jangan pernah beri jawaban


21/05/11 12:05

Ini itu, pilih yang mana??

5/19/2011

Tepat tanggal 16 Mei 2011 adalah hari pengumuman kelulusan SMA. Semua anak kelas 12 pastinya sangat menunggu-nunggu hari penentu hasil usaha yang dilakukan selama sekolah tingkat atas atau SMA. Menangis karna bahagia, atau menangis karena kecewa. Sangat menentukan.

Sementara itu, anak kelas XI juga sedang was-wasnya melihat perkembangan kelas XII bagaimana mereka akan menempuh UN dan ujian2 masuk perguruan tinggi. Berbagai pilihan sudah ditentukan dari sekarang. Mau masuk mana? masuk sini aja. Itulah yang selalu di ributkan, tak pernah berhenti. Aku pun ragu memilih jurusan yang aku inginkan, sementara harus mempertimbangkan biaya, lokasi, maupun masa depan yang akan di kerjakan nanti. Dalam benakku, aku tak mau mengerjakan sesuatu yang tidak aku nyaman, sementara pekerjaan itu akan berlangsung selama hidupku, mungkin juga tidak, tapi tidak ada yang tahu. Kata liat aja nanti itu kata yang sangat menyiksa, liat aja nanti bukan jawaban, bukan penyelesaian. Selalu ada andai diberi tapi tidak selalu ada sudah diterima.

Kuliah bergantung minat? ya aku punya minat, tapi pertimbangan dari orang-orang selalu bisa mempengaruhi apa yang aku pilih. Tehnik kimia? cita-cita ilmuwan yang hanya berujung pada guru. Tidak salah, tapi bukan keahlianku mengajarkan sesuatu pada orang. Bukan keahlianku untuk sabar. IT kah itu? jangan, tidak sehat di depan komputer terus, mau jadi apa cewek di bidang IT? apa kamu mau seumur hidup bekerja dengan alat yang membuat terpaku, lupa ini lupa itu, kurang sosial..

Banyak sekali tanggapan..

Rasanya sangat tidak adil.. politik? bibitnya unggul tapi dunia nya kejam. Sudah jujur tapi belum tentu terhindar dari fitnah.

Berpendidikan di luar, tapi disangka tidak cinta negeri sendiri.. padahal orang-orang yang berprestasi di negeri sendiri saja tidak di hargai.. apa maunya.

hmm... kesehatan, kreativitas, teknologi, motivasi...

Jadi, apa pilihanmu?

curhat

Let respect other religion

5/08/2011

Pas lagi nyari sumber buat laporan praktikum kimia, gue iseng buat nanya ke id.answer.yahoo.com sambil ngejawab2 pertanyaan yang ada disana gue gak sengaja nemuin satu pertanyaan yang ganjil.

ini dia pertanyaannya:

Pertanyaan basi yang nggak pernah terjawab dengan tuntas oleh muslimer?
Siapakah yg disalib menggantikan isa as?
a. Tatianos (Tafsir Ibn Abbas) http://www.altafsir.com/Tafasir.asp?tMad…
b. Seorang murid isa as yg paling muda (Tafsir Ibn Kathir) http://www.tafsir.com/default.asp?sid=4&…
c. Anonymous (Tafsir Al Jalalayn)http://www.altafsir.com/Tafasir.asp?tMad…
d. Yudas Iskariot (Tafsir Muslim AK) atau kasih sumber copasnya dari mana tuh...
e. Semua benar

itu sudah ku rangkum simpel tinggal pilih... dan gak perlu pake otak...

pilih a, b, c, d, atau e...

hint: pilih e saja... :-D (masak tafsir kok diadu...)

dari kemarin jawaban jawaban muslimer pada ngaco

17 menit lalu
- 4 hari tersisa untuk dijawab.
Lapor Penyalahgunaan

Rincian tambahan
nah kan... keliatan ngaconya, antara muslim yang satu dengan yang lain nggak kompak

11 menit lalu
jiakakakakakakak......... benar benar ciri khas muslim seperti yang tadi aku maksud, nggak bisa njawab malah marah marah, oot dari topik

bukannya apa2, tapi gue gak suka dengan cara2 orang yang tidak menghargai agama orang lain. padahal, kita ini umat beragama yang harusnya menghargai agama yang lainnnya. gimana indonesia bisa maju kalo rakyatnya aja selalu saling mengolok2 dan merasa benar?

"Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. (An Nisaa': 157)

itu adalah jawaban dari pertanyaan tadi, sumbernya dari al-qur'an. terserah boleh percaya atau engga karna itu adalah kepercayaan umat muslim. islam itu ga pernah memaksa karena "untukku agamaku, dan untukmu agamamu"

sekedar tambahan, jangan pernah merasa benar dengan apa yang kamu percaya (agama) kalo kamu sendiri saja belum tentu benar di dalam agamamu sendiri. coba sadar diri sebelum menilai orang lain. terima kasih.

ini no offense ya, gue sebagai muslim cuma berpendapat. kalo ada umat non muslim yang baca, tolong jangan ngejudge macem2 disini gue netral. keep in peace gan :)

Blog

The Wonder of SOY (Kedelai)

5/02/2011

"Kedelai merupakan makanan sehat kalau dikonsumsi secara rutin karena kedelai adalah pangan fungsional, selain itu pangan fungsional umumnya asupannya tidak dibatasi," Ujar Prof Dr Ir Made Astawan, MS selaku dosen Departmen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB dalam acara konferensi pers Healthylicious 2 ‘Gaya Hidup Sehat Dengan Kedelai- The Wonder of Soy’ di Hotel Nikko, Jakarta, Selasa (12/4/2011)

Sejarah Kedelai
Kedelai (kadang-kadang ditambah "kacang" di depan namanya) adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur. Kedelai putih diperkenalkan ke Nusantara oleh pendatang dari Cina sejak maraknya perdagangan dengan Tiongkok, sementara kedelai hitam sudah dikenal lama orang penduduk setempat. Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.





Manfaat kacang kedelai



  1. FDA Amerika Serikat menuturkan bahwa setiap konsumsi 25 gram kedelai bisa mengurangi risiko penyakit jantung.
  2. Isoflavon yang terkandung di dalam kedelai bisa berguna untuk terapi hormonal karena isoflavon memiliki struktur yang mirip dengan hormon seks estrogen.
  3. Konsumsi kedelai secara rutin bisa mengurangi kadar kolesterol total sebesar 9,3 persen.
  4. Kandungan kalsium, protein dan isoflavon yang terkandung di dalam kedelai berkontribusi terhadap kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis dengan meningkatkan kerapatan massa tulang sebesar 5 persen.
  5. Studi di Amerika dan Jepang mendapatkan konsumsi 45 gram tepung kedelai bisa mengurangi gejala menopause seperti hot flashes sebesar 40 persen.
  6. Kedelai mengandung indeks glikemik (GI) yang rendah sehingga bisa menjaga nilai kadar gula darah tetap stabil serta mempertahankan rasa lapar lebih lama.
  7. Konsumsi kedelai secara rutin bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara dan kanker prostat
  8. Vitamin E dan C dalam AdeZ baik untuk kulit; vitamin B baik untuk sistem kekebalan tubuh; kalsium dan magnesium diperlukan untuk kesehatan tulang dan otot; dan, karena kacang kedelai bukan produk susu, maka kacang kedelai dapat diminum oleh vegetarian dan orang yang berpantang laktosa/gula.
  9. Sari buah Adez dan minuman kedelai merupakan minuman rendah gula dan lemak. Kenyataannya, kedelai  hanya mengandung sepertiga kalori minuman sari buah biasa yang mengandung 80 kalori per penyajian 250 ml (kurang lebih satu gelas).
     Keajaiban Kedelai

Tidak berlebihan mengatakan bahwa kedelai merupakan keajaiban alami. Kacang kedelai pertama dikembangkan 3.000 tahun lalu di Cina. Kedelai juga mengandung banyak gizi yang diperlukan untuk menjaga  agar anda selalu tampak dan merasa bugar.
Uniknya, hampir 40% dari kacang kedelai dikenal sebagai protein 'lengkap' yang mengandung semua asam amino yang kita perlukan. Produk tersebut juga mengandung 18% minyak dengan kadar lemak tak jenuh yang tinggi atau lemak "baik" dan benar-benar bebas kolesterol.
Jika anda beranggapan bahwa kedelai kaya akan asam alfa-linoleat yang diubah oleh tubuh menjadi asam lemak omega 3, vitamin C, E, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, dan vitamin B.




 
Produk olahan dari kedelai
Di Indonesia, kedelai menjadi sumber gizi protein nabati utama, meskipun Indonesia harus mengimpor sebagian besar kebutuhan kedelai. Ini terjadi karena kebutuhan Indonesia yang tinggi akan kedelai putih. Kedelai putih bukan asli tanaman tropis sehingga hasilnya selalu lebih rendah daripada di Jepang dan Cina. Pemuliaan serta domestikasi belum berhasil sepenuhnya mengubah sifat fotosensitif kedelai putih. Di sisi lain, kedelai hitam yang tidak fotosensitif kurang mendapat perhatian dalam pemuliaan meskipun dari segi adaptasi lebih cocok bagi Indonesia.

Kedelai merupakan tumbuhan serbaguna. Karena akarnya memiliki bintil pengikat nitrogen bebas, kedelai merupakan tanaman dengan kadar protein tinggi sehingga tanamannya digunakan sebagai pupuk hijau dan pakan ternak.
Pemanfaatan utama kedelai adalah dari biji. Biji kedelai kaya protein dan lemak serta beberapa bahan gizi penting lain, misalnya vitamin (asam fitat) dan lesitin. Olahan biji dapat dibuat menjadi tahu (tofu), bermacam-macam saus penyedap (salah satunya kecap, yang aslinya dibuat dari kedelai hitam), tempe, susu kedelai (baik bagi orang yang sensitif laktosa), tepung kedelai, minyak (dari sini dapat dibuat sabun, plastik, kosmetik, resin, tinta, krayon, pelarut, dan biodiesel), taosi, dan tauco.

Bahkan kini, kedelaipun di produksi menjadi produk cemilan kemasan yang kaya akan manfaat dalam SOYJOY. SOYJOY mengandung banyak nutrisi di dalamnya, bahkan secara praktis dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Jadi jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan mengurangi risiko beberapa penyakit, tak ada salahnya untuk mengonsumsi kedelai secara rutin baik dalam bentuk tahu, tempe, susu atau produk kedelai lainnya.





“Konsumsi kedelai merupakan cara murah untuk hidup sehat.” Kata Prof Made, ini benar sekali, karena banyak manfaat yang kita dapatkan saat mengkonsumsi kedelai. Tidak semua cara untuk sehat itu mahal, jika kita tahu apa yang membuat kita sehat dengan benar, ternyata sehat itu sangatlah murah dan mudah didapat, salah satunya dengan mengkonsumsi SOYJOY! :D