cerita lepas

Pengalaman Hidup

8/11/2011


      Berdiri sesosok lelaki paruh baya di tepi jalan diantara lalu-lalang bus kota. Sambil tertatih, gitar di pikulnya . Perlahan ia menaiki sebuah bus antarkota dan seakan berharap ada sedikit rezeki di dalamnya.

     "Ini bus 63 ya, Kek?" tanyaku
      Dengan pendengarannya yang tak lagi tajam, ia berkata,
     "Ah.. iya dek". 
     Aku pun segera melangkahkan kaki menaiki bus tadi.

      Keramaian orang-orang yang hendak kembali ke rumah memenuhi bus sehingga tak ada satupun kursi yang tersisa. Dengan menggendong tas sekolah dan memeluk binder biru, aku berdiri di dekat pintu. Mungkin iba, seorang pemuda mempersilahkanku untuk duduk di kursi yang di tempatinya tadi. Aku pun tidak menolak. Bus pun sudah mulai berangkat dengan tujuan Bekasi, aku pun bergegas mengambil ongkos sementara pak kondektur sudah siap menagihnya dari para penumpang yang duduk di belakang.

Break The Routine

8/04/2011

Huaaaa, muhun mahap atas segala kelalaian gue nulis posting disini. Karna banyak alasan, tugas, sekolah, les ini itu jadi belom sempet nulis2..

Gue mau share pengalaman aja, keseharian gue sekarang isinya cuma bangun-sahur-berangkat sekolah-belajar-pulang-les-mandi-ngerjain pr-tidur-bangun lagi dan seterusnya. Well, gue sadar itu gak baik buat diri gue, kenapa? ya jelas, rutinitas itu menghancurkan kreativitas! gimana bisa kita dengan kebiasaan yang berulang-ulang tanpa memberi sedikit perbedaan di keseharian kita, bisa meningkatkan kreativitas? walaupun kita sbg pelajar di tuntut buat belajar, belajar, dan belajar.. otak kita juga butuh istirahat yang baik, dengan mengistirahatkan sejenak otak kita dapat memacu kreativitas dalam diri kita.

Contoh kecil dari kreativitas yang bisa kita lakuin sehari2 adalah, gue tadi les lewat jalan A, lalu biasanya gue bakal pulang lewat jalan B, tapi karena seringnya gue lewatin jalan itu, gue lewat jalan C sekaligus buat pengalaman kalo gue pernah lewatin jalan C dan siapa tau jalan C lebih cepat dari jalan B.. terus karna pengen hari ini jadi beda dari hari2 lainnya, gue berpikir kenapa enggak gue gunain hal2 baru yang baik buat diri gue. Misalnya senyum. Pernah denger gak kalo senyum itu bisa membangkitkan mood seseorang? Nah, itu yang gue lakuin selama di angkot tadi, kira2 perjalanan ke rumah sejam, gue coba buat senyum simpul (bukan senyum yang sangat menonjol, lebih ke senyum yang alami) selama perjalanan. Alhasil mood gue yang tadinya berantakan jadi naik lagi, dan efek samping lainnya gue jadi gak gampang ngantuk selama di jalan.

Gue juga pernah baca di bukunya Yoris, kreativitas itu bentuknya bisa apa aja. Kayak kita biasa menggunakan jam di tangan kiri, dengan mencoba mengubah kebiasaan kita dengan menggantinya di tangan kanan, kita sudah melakukan suatu kreativitas, karna kreativitas itu break the routine. Intinya, kalo kata Bena, Think The Different!


Nah, ayo berkreasi dengan waktu! kamu yang biasanya malas2an di waktu luang, kenapa gak digunain buat nyoba sesuatu yang baru? asalkan baik, kita juga bisa mengambil banyak manfaatnya dari sana loh :)